Senin, 03 Oktober 2011

Selamat Jalan Nek,,

Perasaan berat pas bangun jam 5 subuh, ragu mw kerja apa ga hari ini. Karena dr semalem baru tidur jam12, smua keluarga udah pd ngumpul dari setengah 6 sore kemarin.

Awalnya gini, kemarin sore Mama tlp, bilang klo nafas nenek cepat, udah ga sadarin diri,sorenya gw panik sm ayang ke rumah Ma Linda buat liat nenek. Bener aja sore itu nenek udh ga ada respon. Gw panik,khawatir, mama histeris nangis2. Dr sebelum magrib gw bisikin di kuping nenek, 'lailahaillah' 'Allahuakbar' berkali-kali. Jujur gw sebenrnya ga kuat, sedih liat kondisi nenek seperti itu tp gw inget kata2 nenek, klo nenek meninggal nenek mw dpt khusnul khotimah. Gw berusaha tegar nahan tangis di dpn nenek dgn trs ucapin kalimat tahlil smp mlm. Pas mlm gw pusing, mulai cape, ga makan2, jg ga nafsu makan. Pas mlm abis magrib semua udah pd kumpul keluarga, di tambah keluarga fani. Kita semua nangis, sambil ngajiin nenek ga berenti2. Tanpa sadar jam12 mlm, cape trus gw tidur.


3 Oktober 2011
Pas subuhnya, smua org rumah udh pd panik. Kaki nenek dingin katanya, tensinya makin rendah. Gw ragu masuk apa ga, krn mba tinjung dr kemarin ga masuk2. Gw takut ga ada yg handle. Gw putuskan kerja, sebelum jln gw liat nenek dulu. Gw tensi nenek 56/48, sangat rendah, dgn kondisi kaki nenek sangat dingin. Tp kt mama, kerja aja gpp. Oke gw berangkat kerja tp dgn pikiran kemana2. Jam8 gw meggigil, mw muntah, ga enak bgt badan, ga tw kenapa tiba2. Gw tlp ke rumah, nenek makin turun kondisinya, makin dingin lg. Tambahlah panik lg gw. Tp gw ga bisa bnyk ngomong, mba tinjung baru dtg dan lg excited cerita ttg almarhum kakaknya yg baru meninggal, ga tega gw motong ceritanya. Jam 9 lewat gw dpt tlp dr fani, fani nangis2. Gw udah feeling, gw cm tanya : 'jam brp fan? Tungguin gw, gw plg naek taksi'.
Langsung donk badan gw gemeteran,bingung mw apa, izin trs langsung turun ke bawah. Gw ke atm, atm lg pd ga bisa ngeluarin duit. Oke gw nekat lah gw pulang cari ojek dulu. Naek ojek gw nangis2, smp abang ojek nanya : knp neng? Dan tanpa sadar gw curhat sm abang ojek. Untung abang2nya baik. Smp casablanca gw cari taksi. Selama di taksi pd tlp, nyuruh pulang. Jadilah di taksi gw nangis2, cm 30mnt gw sampe. Udah pd rame di rumah, pas masuk ke dlm nyokap lg histeris nangis2. Ga tega gw, ga tahan liat itu bener2 jenazah nenek. Muka nenek, gw sedih, sesak. Tp 1 yg gw inget, nenek minta di ngajiin, di mandiin n di sholatin anak cucunya. Alhamdulillah itu terlaksana. Semua cucu nenek pd ngaji n sholat, kecuali fani krn lg hamil.

Pas mandiin nenek, sedih se-sedihnya. 2 hari lalu gw masih bantuin mama mandiin nenek. Ya Allah, gw bener2 ngerasa kehilangan nenek. Apa lg klo nenek lg bawel suruh ini itu, nenek pasti bilang ntar klo nenek ga ada pasti nyesel. Gw sedih, inget kt2 itu. Gw pake jilbab putih kesayangan nenek. Nenek pernah pesan, klo nenek meninggal jgn pake baju item tp baju putih. Iya Alhamdulillah kita pake baju putih. Pas nenek di kafanin, entah knp gw tiba2 histeris nangis. Teriak2, gw bener2 ngerasa keilangan. Ga ada lg org yg bawel nasehatin gw ttg agama dll. Nek, ayu sedih bgt. Dari kecil ayu tidur sama nenek, klo kamar berantakan nenek pasti marah. Klo ga sholat pasti di tegur. Selalu ngajak sholat ke mesjid. Nenek ga pernah sm skali nyusahin/sakit. Sekalipun sakit 1thn lalu stroke dan makin melemah kondisi nenek. Nenek bener2 contoh teladan yg baik untuk smua org. Sholat ga pernah ketinggalan, ngaji,tahajud,puasa. Gw sempet sedih wkt tw penyakit nenek. Gw berpikir, knp org sebaik nenek harus ngerasain sakit yg luar biasa?

Ya Allah, semoga kau menggugurkan dosa2 nenek. Semua amal ibadahnya kau terima. Aamiin. Selamat jalan nenek tersayang,,,



setahun lalu saat Lebaran 2010 awal nenek sakit stroke

0 komentar:

Posting Komentar